Tuesday, October 4, 2016

Marcapada-Indraloka" Karya Endang Adi Sutomo Tahun 2013

Karya ini dibuat dua lukisan yaitu dengan perpaduan gaya lukis abstrak dengan sentuhan tradisi. Teknik berkarya lukis abstrak ini menggunakan teknik gabungan antara bentuk abstrak geometris, dan abstrak  ekspresionis. Dengan teknik pengulangan (Unit Repetition), a line, and painting.
Tema yang digunakan yaitu tentang penggambaran Dunia Alam Semesta, yang berkaitan dengan kehidupan di Bumi. Kehidupan yang mencakup jagat alam rayaatau dalam dunia pewayangan dengan istilah “Alam Marcapada” (alam dunia) dengan “Alam Indraloka” (alam kahyangan), juga dengan sebutan tentang gambaran dunia mikrokosmos dan dunia makrokosmos.
Unsur rupa di dalam karya ini terdapat sentuhan teknik painting atau warna dengan ada bentuk gradasi, terdapat garis sebagai refleksi berkarya dan bidang seperti bentuk geometris, bentuk segitiga, lingkaran, dan bujur sangkar. Perpaduan berbagai teknik saya coba agar mendapat kesan seperti sebuah proses kejadian fenomena alam ini. Segala sesuatu yang muncul itu berawal dari sebuah proses, tatkala seperti budaya dan tradisi yang berkembang. Di sisi ini pula saya mencoba mengangkat seni lukis kaca yang dulu sebagai tradisi, namun kini bisa dicoba dengan ada keterpaduan tradisi dan seni modern. Itu semua sebagai naluri dan refleksi saya akan perasaan tentang gambaran kejadian proses alam ini, yang terbagi atas alam marcapada dan alam indraloka. Yang intinya semua perbedaan ruang itu sama-sama saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Begitu juga dengan budaya dan tradisi, entah itu dari mana berasal namun manusia sebagai makhluk hidup akan selalu merespon, mengkritisi yang toh pada hakikatnya itu adalah pencapaian adanya perubahan “proses hidup” baik ke ranah yang besar maupun kecil.
Penulis : Endang Adi Sutomo

Sumber: http://tomoglasspainting.blogspot.co.id/2015/06/marcapada-indraloka-karya-endang-adi.html?m=1

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment