Sunday, October 2, 2016

Lukisan Kaca tentang Majapahit Pukau Pengunjung Pameran 'Art-Chipelago'

Seniman Endang Adi Sutomo (Dok.Tia Agnes/ detikHOT)

Jakarta - Endang Adi Utomo tidak menyangka bahwa lukisan kaca buatannya akan disukai masyarakat dan pecinta seni. Salah satu karya terbarunya itu kini dikoleksi oleh Galeri Nasional Indonesia dan tim kurator menganggap pemiliknya sebagai perupa muda berbakat.

Padahal ia hanya ingin membuat karya seni yang berbeda untuk tugas akhir kuliahnya. "Kalau melukis di atas kanvas sudah banyak yang pakai dan mau konsep apa lagi," katanya kepada detikHOT di sela-sela pembukaan pameran 'Art-Chipelago' di Galeri Nasional Indonesia Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2015).
Kemudian, pria yang akrab disapa Tomo mulai mencoba melukis di atas kanvas. Ia membuatnya bukan di satu lapisan saja tapi sampai tiga lapisan.

"Kalau satu lapis cuma menggambarkan satu efek tapi kalau layer-nya banyak ada gambar yang bisa dieksplor lebih," tuturnya lagi.

Seniman yang pernah mengikuti pameran kolektif 'Prahyangan View' di Universitas Monash Australia ini juga selalu menampilkan karakter pewayangan. Untuk lukisan kaca terbarunya, ia membuat kisah tentang Majapahit.

Melalui tokoh 'Gajahmada' yang membawa masa kejayaan Majapahit hingga ke seluruh Nusantara, Tomo memajang empat panel. Masing-masing panel ada sampai empat lapisan lukisan kaca.

"Saya kira kaca plastik arkilik bakal jarang diminati tapi justru itu yang menjadikannya unik," kata Tomo.

Lukisan kaca yang diberi judul 'Langit Senja Palagan Bubat Saksi Bela Pati Citraresmi' yang dibuatnya sejak Agustus 2014 hingga awal Januari ini, bisa dilihat di Galeri Nasional Indonesia hingga 7 Juni mendatang.

Sumber: http://m.detik.com/hot/art/2925022/lukisan-kaca-tentang-majapahit-pukau-pengunjung-pameran-art-chipelago

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment