Tuesday, October 4, 2016

LUKISAN KACA (alam kesejatian)

Bertemunya Bima dengan Sang penguasa alam raya “Dewa Ruci” yang menghuni dunia besar dan dunia kecil mengartikan tentang perjalanan manusia dalam meraih kehidupan yang sempurna. Semua hal yang ingin manusia harapkan dalam menemukan dunia baru, seperti yang kita rasakan bahwa sebuah bangsa dalam membangun negaranya tentu saja untuk menjadikan negara yang mengalami peningkatan, perubahan dari segala bidang yang membawa ke arah tujuan yang selayaknya bisa memberi pengaruh baik bagi bangsanya. Alam kesejatian mengibaratkan Nusantara ini, yang didalamya terdapat lakon sejarah bangsa itu sendiri dari peristiwa dahulu hingga sekarang. Gunungan adalah Simbol dari alam semesta dan isinya, Bima sebagai sosok manusia dan Dewa Ruci sebagai sosok Sang penguasa alam raya.
Lakon kehidupan manusia terpapar didalamnya, peperangan dalam perebutan kekuasaan, pensucian jiwa menghadirkan kebijaksanaan, tentang kisah cinta yang nestapa, berakhir tawa bagi yang dinaungi, dan berujung lara bagi sang pecundang, tingkah polah para patriot yang mengatasnamakan kemuliaan, semua itu merupakan tahap perjuangan dalam mencari kehidupan yang sempurna.
Pada dasarnya manusia hidup sebagian besar adalah spritual, semakin mempunyai jiwa spiritual dan dekat pada Yang Maha Kuasa maka akan terasa nyaman, hidup yang begitu indah mempesona, keadaan hati yang terang benderang.
Penulis : Endang Adi Sutomo

Sumber: http://tomoglasspainting.blogspot.co.id/2014/01/alam-kesejatian_8.html?m=1

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment