Monday, September 12, 2016

Seni lukis kaca cirebon

SENI LUKIS KACA : BELUM BUMING, TETAPI TELAH LAMA MEMBUMI



Pengawal kalam

Perihal tentang keberadaan seni lukis kaca kembali mengusik pikiran penulis, ketika disuatu hari penulis mendengarkan cerita seorang pelukis yang kebetulan kedatangan calon pembeli atau mungkin pedagang lukisan dari kota bertandang ke sanggarnya. Setelah melihat-lihat diruang pajang dirumahnya yang tidak begitu luas, pembeli tadi kemudian menawar beberapa lukisan yang terbuat dari media kanvas dan kertas untuk dibawa kekota. Setelah terjadi tawar menawar, dan disetujui harganya, kemudian pelukis tersebut juga menawarkan lukisan kaca karyanya. Rupanya, pelukis tersebut selain membuat lukisan dari kanvas dan kertas, juga membuat lukisan dari bahan kaca. Saat ditawari lukisan kaca, pembeli atau pedagang tersebut menyatakan tidak begitu tertarik, karena menurutnya tidak banyak yang orang mau mengkoleksi karya lukis kaca, dengan alasan karena bahannya mudah dan rawan pecah, apalagi kalau pembelinya orang asing, nantinya bisa kerepotan dalam perjalanannya walau secara visual karya lukis kaca tidak kalah dengan media lainnya. Pelukis tadi mengangguk-angguk, seperti orang bodoh-walaupun hatinya menolak, dengan mengatakan justru yang bodoh adalah pembeli tersebut. Singkat cerita, lukisan kaca tidak dibeli dan pembeli lukisan tersebut malah menyarankan kepadanya, agar membuat lukisan dari kanvas saja dan tidak dari kaca.

Inilah sedikit gambaran kenyataan pahit yang dirasakan pelukis kaca tersebut, kejadian menggelikan dan terasa lucu tersebut kemungkinan hanya pernah berlaku pada satu dua pelukis kaca ditanah air termasuk teman penulis tadi, walau pada kenyataannya banyak juga pelukis kaca yang sampai hari ini tetap hidup dengan sejahtera, dari hasil karya lukis kacanya tersebut, seperti kesejahteraan hidup yang dialami para pelukis kaca didaerah Cirebon, komunitas pelukis kaca Nagashepa di Buleleng Bali, juga pelukis kaca di wilayah lain seperti di Jakarta, Bekasi, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Muntilan, Bantul, Surakarta, Kudus, Tuban, Madura, Pasuruan, Surabaya dan mungkin di tempat-tempat lain. Di Sumatera lukisan kaca juga tumbuh dengan baik, seperti dipraktekkan di Bengkulu (terutama Tebat Monok, Keban Agung, dan Batu Bandung), Medan, Banda Aceh, dan beberapa dan sebagainya.

Seni lukis kaca, diakui atau tidak, sebenarnya telah menjadi sebuah kenyataan sejarah, yang lahir dan merambah dibelahan dunia kita ini, taruhlah seperti berkembangnya lukis kaca di Italia, daratan China, Jepang, Iran, India dan termasuk di Indonesia. Sanento Yuliman pernah mencatat tentang tuanya sejarah seni lukis kaca di dunia, ia menuturkan bahwa lempengan kaca pertama ditemukan oleh orang Italia pada abad ke-14. Orang Italia ini pula yang menemukan cat untuk media kaca. Berkat temuan tersebut kemudian lahirlah karya-karya seni lukis kaca, yang berawal dari Italia kemudian menyebar ke berbagai negeri. Sampai pada abad ke-17 atau abad ke-18 lukisan kaca diperkirakan menyebar ke Iran, India, Cina, Jepang, dan kemudian ke Indonesia. Kenyataan sejarah inilah, yang menjadikan “kekuatan” bagi para pelukis kaca untuk tetap bertahan hidup dari kaca tersebut.

Di era zaman ini, dimana kesenian sangatlah bebas bergandengan tangan dengan media ungkap apa saja tanpa ada pembatasnya, sudah barang tentu dengan melihat kenyataan sejarah diatas, sebenarnya media kaca tidaklah berkelas rendah seperti yang dikatakan pembeli lukisan tersebut, justru diharapkan media kaca dapat ikut dimanfaatkan oleh perupa modern untuk melengkapi rupa-rupa media yang dewasa ini digarap oleh para kreator seni rupa. Artinya, sudah saatnya seni lukis kaca tidak dianggap sebagai karya kerajinan, karya yang “ndeso”.

Seni lukis kaca, telah lama membumi di Indonesia

Dari pembacaan sejarah, lukisan kaca belum diketahui secara pasti kapan mulai masuk ke Indonesia dan dari mana asal teknik melukis kaca, dan memang masih perlu diadakan penelitian lebih jauh. Senada dengan pendapat Sanento Yuliman, adalah Hardiman seorang peneliti lukisan kaca di Nagashepa, Bali juga mencatat perjalanan lukis kaca, dikatakan bahwa menurut Jerome Samuel peneliti dari Institut Nasional des Laungues et Civilisations Orientales, Paris, yang pernah melakukan penelitian lukisan kaca di Indonesia, memperkirakan bahwa lukisan kaca paling cepat masuk ke Indonesia pada dasawarsa terakhir abad ke-19. Menurutnya, sampai paruh pertama abad ke-19 kaca masih merupakan sejenis barang atau bahan yang mewah dan sangat mahal, rasa mewah terhadap bahan kaca itu terjadi baik di Indonesia maupun di Asia, termasuk Cina dan Jepang. Jeremo Samuel pernah mencari data tentang kaca dalam arsip laporan tahunan VOC di Batavia, untuk kantor pusat di Amsterdam. Di dalam laporan itu, terdapat beberapa catatan tentang import barang-barang kaca dari Belanda atau Eropa untuk dijual atau diberikan sebagai hadiah kepada raja-raja atau sultan-sultan di Indonesia. Tapi VOC lebih banyak menjual atau memasok kaca ke India, Cina, dan Jepang, Di Indonesia sendiri kaca tetap langka sampai awal abad ke-20, kecuali untuk kalangan terbatas.

Di Jawa, menurut Jerome Samuel, keberadaan lukisan kaca dapat dibuktikan dengan keikutsertaan Jat, seorang pelukis dari Kupang Praupan, Surabaya, yang ikut serta dalam Pasar Malam tahunan di Surabaya, baru pada tahun 1908. Keberadaan tersebut diabadikan dalam foto laporan acara tersebut. Hardiman juga menambahkan bahwa, ada cerita yang berbeda dengan Samuel, yaitu tentang lukis kaca dari pantai Kuta, Bali. Tersebutlah seorang perempuan cantik keturunan Cina. Perempuan nan jelita ini dinikahi laki-laki berkebangsaan Denmark, Mads Lange. Suatu hari, tahun 1884, perempuan cantik ini dilukis dia atas permukaan kaca oleh seorang pelukis Cina. Kemudian hasil lukisan kaca itu, oleh berbagai kalangan dianggap sebagai lukisan kaca pertama yang ditemukan di Indonesia. Kini lukisan tersebut tersimpan di suatu museum di Denmark.

Sejarah lukisan kaca Indonesia, sebagian besar masih tersembunyi. Tetapi pada kenyataannya lukisan kaca di Jawa pernah mengalami masa jaya pada tahun 1930-an hingga akhir 1950-an adalah fakta yang kerap diungkap. Pada masa itu, lukisan kaca bertalian dengan tanda status sosial tertentu. Pemilik lukisan kaca adalah mereka yang sukses berdagang, telah naik haji, atau sekurang-kurangnya telah menikah. Lukisan kaca juga berfungsi sebagai penguat hubungan batin antara pemilik lukisan kaca dengan tokoh wayang dalam lukisan yang dimilikinya. Perlu diketahui tema-tema lukisan kaca yang dikoleksi oleh para orang kaya di Jawa, pada umumnya lukisan Hanoman, Kresna, Bratasena, Semar dan sebagian yang lain tema lukisan diambil dari cerita Ramayana dan Mahabarata. Selain itu juga ditemukan lukisan berupa dua pengantin, legenda para Nabi, lukisan masjid Demak, kaligrafi Arabeska dan sebagainya.

Dengan tema-tema tersebut lukisan kaca dapat berkembang dengan baik sampai tahun 50-an. Keberlanjutan tema yang disukai masyarakat masih baik, sampai awal tahun 70-an. Mulai tahun 70-an muncul nama-nama pelukis kaca yang cukup dikenal masyarakat, seperti Karto, Sastradiharjo ( Sastra Gambar ), Maryono, Yazid, Maruna, Sudarga, Harun, Rastika dan sebagainya. Selain itu, belakangan muncul nama yang berasal dari kalangan kampus seni juga muncul, seperti Haryadi Suadi, Suatmaji, AB Dwiantoro, Arwin Hidayat, Ismoyo, Supono, Paikun,mahyar, Murjiyanto, Pracoyo, Priyo Sigit, Rohman, Subari dan sebagainya, yang terus ikut menyemarakkan seni lukis kaca sampai jelang tahun 90-an.

Sementara perkembangan seni lukis kaca di Bali, juga kurang lebih sama seperti didaerah lain di Indonesia. Di Bali seni lukis kaca dapat dilacak keberadaannya di wilayah Buleleng, tepatnya di Desa Nagashepa. Dari sana lahir nama-nama besar pelukis kaca seperti Jro Dalang Diah ( pendiri komunitas pelukis kaca Nagashepa), I Kadek Suradi, I Nengah Silib, I Ketut Samudrawan, dan I Ketut Santosa dan sebagainya. Dari aspek kenyataan sejarah inilah lukis kaca berjalan kearah waktu kedepan tiada henti dengan kekuatannya sendiri. Hardiman menuliskan tentang kekuatan lukisan kaca dengan bernas sebagai berikut; Seni lukis kaca adalah benda yang menyimpan muatan hubungan manusia dengan Tuhan. Ia adalah media tentang bagaimana menjalani kehidupan yang benar. Ia adalah refleksi kehidupan manusia. Tegasnya, ia adalah teks budaya kita hari ini. Ia adalah bening. Walaupun, seni lukis kaca yang bening secara fisik dan, terutama, bening secara muatan itu, sampai kini masih belum dianggap berkelas tinggi dan tetap termarjinalkan. Jauh dari pisau-pisau analisis para ktitikus seni, jauh dari gembar-gembor media masa. Jauh dari genggaman para kolektor kakap. Jauh dari angka-angka di Balai Lelang. Lukisan kaca, sekalipun bening, tetap hening. Ia kesepian di tengah-tengah gemuruhnya pasar wacana dan wacana pasar, tetapi tetap hidup membumi walau tidak gemuruh.
Sumber :

- Yudhoseputro, Wiyoso ,1986– Pengantar Seni Rupa islam Nusantara, Angkasa Bandung

- Hermanu, 2006 – Mengenang Tjitro Waloejo, Katalog Bentara Budaya Yogjakarta

- ________ 2000 – Pameran Lukis Kaca, Taman Budaya Yogjakarta

- ________ 1987 – Melukis Dalam Kaca, Editor No.11/ tahun I

- Benny Bunke, 2004- Interpretasi Baru Seni Lukis Kaca, Suara Pembaruan



pintu.Mati@gmail.com. 

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment