Monday, September 19, 2016

Limbah kaca bernilai jutaan

MELUKIS ternyata tak ha­nya bisa dilakukan pada media kanvas, melukis bisa dilakukan juga pada limbah atau barang barang yang sudah tak terpakai. Seperti seorang seniman asal Ban­jar­negara, Jawa Tengah me­manfaatkan limbah kaca untuk media lukis dan kaligrafi islam, hasil lukisannya pun mampu dijual dengan nilai jutaan Rupiah.

Seolah tak ada yang berbeda lukisan kaligrafi ini dengan luki­san pada umumnya. Namun, jika dibuka dan diamati seksama, seniman melukisnya langsung pada media kaca. Yak inilah hasil lukisan milik Adhe warga Lawen Banjarnegara Jawa Tengah.

Lukisan kaligrafi dengan ber­agam motif tampak indah dengan nuansa tiga dimensi dan gradasi warna yang kuat. Semua terbuat da­ri limbah kaca yang sudah ti­dak berguna lagi. Banyaknya lim­­bah kaca di sekitar rumah ad­he, mendorongnya untuk me­man­faatkan menjadi barang yang lebih memiliki nilai guna dan nilai jual.

"Membuat lukisan ini di butu­hkan konsentrasi dan ketelitian, un­tuk membuat satu lukisan, biasanya membutuhkan waktu hingga 3 hari," ujar Adhe.

Melukis pada kaca ini berbeda dengan melukis pada kanvas. pada kaca yang di lukis adalah bagian belakang kaca. Sehingga pelukis harus membuat pola dan gambar secara terbalik, agar saat tampak dari muka, gambar terli­hat asli.

Alat untuk membuat lukisan ini terbilang sangat lah seder­hana, hanya menggunakan kuas, spidol dan cat minyak. biasanya proses pembuatannya diawali dengan membuat pola dan dilanjutkan de­ngan menggoreskan warna pada objek, permainan komposisi warna yang tepat mampu meng­ha­silkan gradasi warna yang memunculkan keindahan tersen­diri pada lukisan ini.

inilah salah satu keunikan dan keunggulan lukisan kaca, setiap gradasi warna bisa tampak seper­ti aslinya, dan lukisan ruang bisa seolah tampak seperti 3 dimensi.

Adhe menjual lukisan kaca ini berkisar dari harga Rp500 ribu hingga Rp4 juta. Tergantung ben­tuk, ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

"Khusus untuk bulan rama­dan, permintaan paling tinggi ada­lah lukisan kaligrafi. Kini telah di pasarkan ke sejumlah da­e­r­ah seperti Jakarta, Bandung Su­rabaya hingga ke Kaliman­tan," ujarnya. (okz)

Sumber: http://harian.analisadaily.com/mobile/kesra/news/limbah-kaca-bernilai-jutaan/243428/2016/06/13

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment