Tuesday, September 20, 2016

Cat menghias kaca yang pernah kupakai

Hai hai hehe… Sedikit info untuk teman2 yg ingin menghias botol2/ gelas2 kaca, ini adalah cat untuk menghias kaca yg pernah kupakai:

1. Glass Deco

Ini kutemukan di gramed, gara2 pingin mencoba melukis di botol hehe… Bahan ini bisa ditemukan di bagian kreatifitas anak2. Harganya relatif lebih murah daripada harga glass painting yg beneran untuk mengecat kaca. Karakteristik glass deco yg ini, hampir seperti stiker. Cara penggunaannya ada dilampirkan pada kemasannya :) . Setelah dilukis di mika bening, bisa dilepas dan ditempel di kaca sehingga bs menjadi hiasan yg cantik pada botol dan bahan2 lain yg terbuat dari kaca. Hasil deco-nya bening dan transparan.

2. Idea Vetro, cat khusus untuk kaca

Kalo ini, adalah cat yang memang khusus untuk kaca. Harganya memang sedikit lebih mahal, tapi memang hasilnya lebih awet. Cat ini kalo udah dioleskan, ga bs dilepas2 seperti stiker, jadi catnya permanen. Kalau mau menghapus harus menggunakan remover untuk cat.Warnanya ada bermacam2. Kebanyakan hasilnya adalah transparan, jika ingin dibuat tidak transparan, tinggal campurkan warna putih butek. Yg kotak adalah cat dasar untuk lukisan warna2, yang tube adalah cat relief untuk membuat pinggiran/garis batas gambarnya. Hasil dari cat reliefnya timbul. Warna dari relief juga macam2, ada gold, hitam, bronze dll. Cara penggunaannya hampir sama dengan glass deco, yaitu dibuat dulu pinggiran gambarnya dengan cat relief, baru setelah itu diwarnai bagian dalamnya dengan cat dasar. Hanya bedanya kalo cat ini harus langsung digambar di media yang akan dipakai. Jika ingin mencampur warna, gunakan palet cat. Pembersihan kuas, bisa menggunakan pembersih khusus yg dijual di toko cat glass painting ini, or kalau mau bisa dicoba pakai nail remover hehe… *lebih murah* :p. Cat ini tdk dijual di sembarang toko, kudapatkan di toko yang memang khusus menjual bahan2 lukis dan ketrampilan :) .

3. Cat minyak

Yang pernah kucoba lagi adalah cat minyak biasa, merk reeves. Cat ini cara pakainya tinggal dicatkan aja pada kaca, gunakan minyak untuk mengencerkan warna yg akan dipakai. Gunakan palet/tatakan untuk mencampur warna2nya :) . Hasil dari cat ini tidak transparan pastinya. Dan keringnya lamaaaa hehehe… percobaanku menggunakan cat minyak, catnya baru kering setelah 3-5 hari :p. Setelah kering aku lapis dengan vernish/ pilox clear sehingga hasil catnya bisa awet.

Kalau dibandingkan dari 3 jenis cat diatas, jujur aku paling suka yg memang cat khusus untuk kaca. Tapi jika ingin untuk latihan2 biasa, bisa gunakan glass deco/cat minyak yg relatif lbh murah harganya. Karena aku tidak terlalu mendalami mengenai glass painting, bahan-bahan yang kucoba juga tidak banyak, sementara hanya 3 bahan itu yg pernah kupakai hehe… Dan kalo ada yg ga sempurna, ntar teman2 bs memberi input dan masukan yaaa, jadi infonya bisa berguna untuk yang lain :) . Thank youuuu….. ^_^

Play with paint, Piet’s Art touch the heart with art

Sumber:  http://piets-art.com/blog/2013/06/cat-menghias-kaca-yang-pernah-kupakai/

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment