Tuesday, September 20, 2016

Pengertian Dan Contoh Seni Rupa Murni

Rasanya masih ada yang kurang ketika admin website genggaminternet.com membahas tentang seni rupa, tidak bisa di pungkiri manusia sangat menyukai keindahan. oeh karenanya manusia dari zaman prasejarahpun sudah mengenai apa yang di sebut dengan seni, walapun pada masa itu seni mereka masih sangat sederhana dan tergolong kasar. nah artikel kali ini kita akan menyambung pembahasan terdahulu yakni kita akan membahas mengenai Contoh Seni Rupa Murni, jadi untuk sobat yang penasaran dengan pembahasan serta contoh-contoh seni rupa murni maka sobat wajib untuk membaca artikel ini hingga tuntas, karena saya akan jamin sobat akan mendapatkan informasi seperti yang sobat harapkan, Baiklah mari kita kepokok pembicaraan di bawah ini.

Seni adalah sebuah hasil dari imajinasi atau pengungkapan Ekspresi sesorang dan biasanya memiliki Estetika. Seni rupa juga merupakan salah satu cabang dari seni yang bisa di lihat oleh mata dan juga bisa di rasakan dengan Rabaan. Karya seni rupa ini tercipta dengan cara mengolah dan memadukan konsep yang dapat berupa garis, titik, bidang, volume, bentuk, warna, tekstur dan  juga efek pencahayaan dengan menggunakan Acuan estetika.

Pengertian Seni Rupa Murni
Seni Rupa murni adalah cabang dari seni rupa yang di buat tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaanya akan tetapi lebih mengutamakan Fungsi keindahaan atau Estetika.Seni rupa murni cenderung lebih bebas dan biasanha memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Sementara itu, Fungsi seni rupa murni hanyalah di gunakan sebagai hiasan atau pajangan saja. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita lihat Contoh-contoh seni Rupa murni di bawah ini.

Contoh Seni Rupa Murni
1. Relief

Relif merupakan gambar ataupun lukisan yang di tampilkan kedalam bentuk Tiga Dimensi atau Trimata, Yang berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata Yang mana relif biasanya terdapat pula pada tugu-tugu peringatan serta terdapat pada candi, Yang pada umumnya relif juga berisi dengan diorama serta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

2. Patung

Berikutnya adalah patung, yang mana patung bisanya menjadi Expresi dari jiwa manusia, Biasanya manusia membuat patung berbentuk Visual yang membentuk Media Tiga Dimensi, adalah keindahan sebagai tujuan utama dari pembuatan patung. Biasanya pantung dapat berwujud manusia, hewan ataupun yang lainya.

3. Lukisan

Taukah sobat genggaminternet.com apakah lukisan itu.? Lukisan dapat kita artikan sebagai seni yang sengaja di buat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas, atau dengan peralatan yang lainya, yang kemudian di lukis pada kanvas sebagai medianya.

4. Kerajinan Gantungan

Sering sekali kita melihat kerajinan yang satu ini, yang mana dahulu saya juga sering membuat berbagai gantungan kunci berbentuk logo facebook, Twitter dan jgua yang lainya, ada juga yang membuatnya dari bambu dan lain sebagainya, Taukah sobat Gantungan kunci atau kerajinan tersebut dapat di katakan sebagai salah satu contoh seni Rupa murni, hal ini di karenakan fungsinya sebagai penghias kunci saja.

5. Kerajinan Dari Keramik

Taukah sobat genggaminternet.com Baik zaman dahulu hingga sekarang terdapat banyak sekali kerajinan keramik yang berbentuk guci atau yang lainya, dengan keindahan yang tida duanya tentunya.

6. Seni Kaligrafi

Kaligrafi adalah salah satu seni yang sering sekali kita jumpai di masyarakat, tidak hanya pada masyarakat Islam, pada masyarakat Cina juga masyur tentang seni kaligrafi ini, yang menekankan pada keindahan.

7. Mozaik

taukah sobat apa itu seni mosaik, Mosaik dapat kita artikan sebagai seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik, atau kaca..

8. Ukiran

Ukiran merupakan seni memahat batu atau kayu untuk menjadikan suatu bentuk atau rupa yang kita inginkan dengan keindahan tentunya. Umumnya ukiran banyak yang memiliki berbentuk makhluk hidup atau bunga. Ukiran biasanya dijadikan hiasan di rumah atau di perkantoran.

9. Fotografi
Seni fotografi merupakan salah satu Expresi dari sang pengambil Foto.

10. Topeng

Dan yang terakhir adalah Topeng, Topeng sudah sagat lama di kenal oleh masyarakat Indonesia yang terbentuk dari plastik, kayu, plastik, kain, atau logam. Topeng dapat di pakai di mana saja, akan tetapi lebih umum di pakai saat pertunjukan tari dan sebagainya.

sahabat genggam internet.com saya Rasa artikel tentang Contoh Seni Rupa murni ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, di artikel berikutnya InsyaAllah saya akan mencoba membahas pengertian Seni menurut para ahli, yang semoga saja nantinya sobat bisa semakin memahami tentang Seni Rupa, Baik itu seni Rupa Murni atau pun seni Rupa terapan yang sudah kita bahas pada kesempatan yang lalu. terima kasih sudah membaca artikel ini, Sampai ketemu di artikel berikutnya. Selamat Belajar.

Sumber: http://genggaminternet.com/pengertian-dan-contoh-seni-rupa-murni/

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment